• Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi

  • Telp / Fax(0752) 625737

  • Email fparumsb@yahoo.com

Pemerintah Kabupaten AGAM Sambut Baik Kegiatan Pengabdian Masyarakat Fakultas Pariwisata UMSB di Nagari Lawang

[HUMAS-UMSB] Pemerintah Kabupaten Agam menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) di Nagari Lawang, Kecamatan Matur. Rabu 22 Juli 2020 di kantor walinagari setempat.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat Fakultas Pariwisata UMSB sekaligus penyerahan sumbangan fasilitas cuci tangan itu diberikan lansung oleh Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA dan Dekan Fakultas Pariwisata Mhd Abdi, SE. MM. Turut hadir Kadisparpora Agam Syatria,  Walinagari Lawang Jamal Mukhtar Dt. Lelo Ameh, Ketua Pokdarwis Lawang Madani R. Dt. Rajo Lelo, Camat Matur Edo Aipa Pratama dan tokoh masyarakat setempat serta mahasiswa Fakultas Pariwisata UMSB yang sedang melaksanakan KKN ditempat obyek wisata tersebut .

Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA didampingi Dekan Fakultas Pariwisata Mhd Abdi, SE. MM,  menyampaikan "bahwa disamping menjalankan program pengabdian masyarakat, UMSB juga berpartisipasi mencegah penularan virus corona dengan memberikan sarana protokol kesehatan seperti tangki penampung air dan wastafel cuci tangan". Ujar Riki Saputra.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pemerintah Kabupaten Agam Syatria, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Agam menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan Fakultas Pariwisata UMSB di Nagari Lawang, Kecamatan Matur ini, berupa fasilitasi cuci tangan yang dibuat sendiri oleh mahasiswa UMSB.  

Syatria juga mengatakan, meskipun beberapa bulan yang lalu sektor pariwisata sempat terhenti akibat masa PSBB sebagai dampak dari pandemi virus covid-19,  namun seiring dengan tatanan normal baru, maka tidak menjadi alasan untuk tidak kembali bangkit dan saling bersinergi baik oleh pemerintah, perguruan tinggi serta masyarakat untuk kembali menggerakkan pariwisata dan ekonomi kreatif. Namun yang penting ingatnya, "kita tetap mengedepankan protokol kesehatan. Adanya bantuan alat pencuci tangan karya mahasiswa ini menjadi penting dalam upaya kita mencegah penularan virus corona itu", tegas Syatria.

Walinagari Lawang Jamal Mukhtar Dt. Lelo Ameh didampingi Ketua Pokdarwis Lawang Madani R. Dt. Rajo Lelo mengucapkan terimakasih kepada civitas akademika UMSB khususnya Fakultas Pariwisata yang terus mendampingi dan memberikan perhatian terhadap masyarakat Lawang terutama di sektor pariwisata yang menjadi andalan nagari tersebut.

Acara ini juga sekaligus digunakan untuk menyerahkan keputusan tentang Nagari Lawang sebagai kampung wisata dan penyerahan APD dari Disparpora.