• Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi

  • Telp / Fax(0752) 625737

  • Email fparumsb@yahoo.com

Kemenparekraf Bersama Fakultas Pariwisata UMSB Memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendampingan Desa Wisata Regional 1 Sumatera di Bukittinggi

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Kadisparpora) Kabupaten Bukittinggi, Supadria, berikan cenderamata kepada Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) pendampingan desa wisata regional 1 Sumatera di Bukittinggi

[HUMAS-UMSB] Kemenparekraf lewat Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata Deputi Bidang Sumberdaya dan Kelembagaan bersama Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) memberikan pembinaan terhadap desa-desa wisata.

Pembinaan dilakukan lewat Bimbingan Teknis (Bimtek) pendampingan desa wisata regional 1 Sumatera di Bukittinggi. Selasa 25 Agustus 2020.

Bimtek ini dihadiri oleh peserta yang datang dari Desa Saribu Gonjong dan Desa Lawang berjumlah 30 orang. Turut hadir dalam pembukaan Kadisparpora Kabupaten 50 Kota, Nengsih, dan Rektor UMSB Riki Saputra, serta narasumber yang berasal dari para Akademisi di Fakultas Pariwisata UMSB yaitu Mochammad Abdi, Edi Novra, Rozi Yuliani, Dewi Anggraini, dan Wina Asty, serta Vina Kumala yang bertindak sebagai moderator acara.

Dalam sambutan Kemenparekraf yang diwakili oleh Koordinator Pemberdayaan Masyarakat Regional I, Desty Murniati, menyampaikan harapan bahwa Bimtek Pendampingan Desa Wisata dengan materi CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability) dan Pengembangan Potensi Produk Pariwisata dapat semakin memajukan Desa Wisata binaan UMSB sehingga saat malam apresiasi di bulan November nanti dapat terpilih sebagai 20 (dua puluh) besar.

Bimbingan Teknis (Bimtek) pendampingan desa wisata regional 1 Sumatera di Bukittinggi

“Mohon diikuti Bimtek ini sebaik mungkin sehingga ilmu yang didapat bisa diterapkan di Desa Wisata bimbingan agar ke depan, masyarakat di Desa tersebut mampu menyelenggarakan kegiatan pariwisata yang sehat, aman dan nyaman,” himbaunya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Kadisparpora) Kabupaten Bukittinggi, Supadria, dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan Bimtek menyampaikan bahwa pembangunan pariwisata harus terpadu dan terencana serta harus memperhatikan kelestarian lingkungan dan melibatkan pentahelix.

“Masterplan penting bagi pembangunan pariwisata, agar saat ada bantuan dari pemerintah maupun pihak ketiga akan mempermudah dalam pengembangannya sehingga (pembangunan dapat dilakukan) lebih sistemik dan berkesinambungan,” katanya mengingatkan.

Selanjutnya sambutan Rektor UMSB Riki Saputra pendampingan di desa wisata merupakan pilar pengabdian di tengah masyarakat.

Ia menyebut, selama di kampus, dosen atau mahasiswa secara normatif mengajarkan pengetahuan tentu harus diaplikasikan sehingga mendatangkan manfaat di tengah masyarakat.         

"Beberapa tahun ini, Fakultas Pariwisata membuka jalan untuk binaan. Selanjutnya, Fakultas lain akan ikut masuk untuk pengembangan," ucap Rektor Riki.

Kegiatan Bimtek ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan bagi semua peserta dan panitia yang meliputi tes rapid, pengukuran suhu, pemakaian masker, penyemperotan ruang pertemuan dengan desinfektan dan penerapan jaga jarak fisik. (Humas Padang 26/08/20)